-->

Pengertian Wordpress, Kegunaan , Fungsi dan Cara menggunakan

Kebanyakan pengguna Wordpress pasti tau apa itu Wordpress, tapi tidak dengan orang yang hanya menggunakan mesin pencarian. Jadi disini saya akan mengulas pengertian Wordpress, sejarah, keunggulan serta kelemahan.
Screenshot (9)

Pengertian Wordpress

Apa itu Wordpress? Jadi WordPress merupakan  sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan  bahasa pemrograman PHP dan Basis Data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress diawali pada tahun 2003 di mana dua developer, Matt Mullenweg dan Mike Little, membuat platform blogging baru karena software b2/cafeblog dihentikan. Segera setelah proyek tersebut ditinggalkan, kedua developer tersebut memutuskan untuk mengambil alih, mempertahankan, dan melanjutkan pengembangan dengan cara mereka sendiri.
Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Tampilan awalnya benar-benar berbeda dari CMS WordPress sekarang yang sudah kaya fitur. Meski demikian, versi pertama ini sudah menawarkan sebagian besar fitur inti yang kita gunakan hari ini, misalnya editor WordPress, proses instalasi yang mudah, permalink, sistem manajemen user, kemampuan memoderasi komentar, dan lainnya.
Sejak tahun 2004, WordPress telah melalui banyak sekali proses perubahan. Kini, WordPress dikembangkan, dikelola, dan di-maintain oleh komunitas open-source berdedikasi yang terdiri atas ribuan pengguna di seluruh dunia. Pengguna ini bekerja secara remote, sebagian dari mereka bekerja secara sukarela tanpa dibayar, dan ada yang bertemu langsung di konferensi distribusi WordPress yang disebut Wordcamp. WordPress masih terus dikembangkan, dan versi baru dirilis setiap 2 atau 3 bulan. Setiap versi membawa fitur dan sistem keamanan terbaru yang telah diupdate ke platform.

Keunggulan dan Kelemahan

Wordpress sendiri juga belum sempurna sehingga mempunyai keunggulan serta kelemahan.
Kelebihannya antara lain;
  1. Murah – Anda hanya perlu membayar domain dan web hosting.
  2. Proses instalasi dan update yang mudah – Tidak seperti sistem manajemen konten lainnya, Anda tidak harus melakukan konfigurasi apa pun.
  3. Mudah dikelola – Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk melakukan task harian.
  4. Bisa membuat desain sendiri – Tersedianya ribuan template WordPress yang siap diinstall dan digunakan memudahkan Anda untuk membuat desain sendiri sesuai kebutuhan.
  5. Bisa membuat fungsionalitas sendiri – Anda bisa memanfaatkan plugin untuk memperluas dan mengembangkan fungsionalitas default WordPress.
  6. Panduan dan tutorial yang membantu – WordPress merupakan komunitas online yang sangat besar. Jadi jika terjadi suatu kesalahan maka ada panduannya sendiri
Kelemahannya antara lain;
  1. Tingkat keamanan – Karena lebih dari 30% website dibuat di WordPress, risiko terserang hacker semakin terbuka lebar.
  2. Konten pihak ketiga – Karena sebagian besar plugin dan template WordPress dibuat oleh developer pihak ketiga, maka tak jarang Anda akan menemukan bug.
  3. Waktu loading halaman – Jika Anda menginstall terlalu banyak plugin, maka otomatis website WordPress Anda akan semakin lambat

Terima kasih telah membaca dan berkunjung :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel